Search Here

Kamis, 04 Juli 2013

Menghapus File-File OS Windows Lama di Folder windows.old dengan Disk Clean Up


Di post sebelumnya, saya telah menjelaskan tentang Windows.oldatau Windows.000. Kali ini, saya akan menjelaskan cara untuk menghapus folder ini.
Untuk menghapus keseluruhan file dalam folder ini tidaklah mudah. Pasti akan muncul peringatan bahwa anda membutuhkan akses khusus untuk bisa memodifikasi file itu. Itu karena file-file di dalamnya memang merupakan file system yg sebagian masih digunakan oleh system Windows.
Cara termudah untuk menghapus folder ini adalah dengan menggunakan sebuah program bawaan Windows bernama Disk Clean Up. Program ini bisa diakses di menu Start pada Windows 7 dan Vista, yaitu di grup Accessories. Atau jika menggunakan Windows 8, cukup mengetikkan “disk” di menu Start, lalu pilih kategori Setting, dan pilih Free Up Disk Space by Deleting Unnecessary Files.


1. Maka akan muncul window program Disk Cleanup seperti di bawah ini:
2. Lalu pilih drive tempat folder Windows.old berada, yaitu C. Program akan menscan drive, dan menampilkan hasilnya seperti di bawah ini:
3. Pilih Clean up system files, lalu pilih drive C lagi, dan program akan menscan sekali lagi, dan jika sudah selesai, akan menampilkan hasilnya seperti di bawah ini:


4. Checklist pada pilihan Windows Previous Installation, lalu klik OK.
5. Akan muncul pertanyaan konfirmasi, klik yes, dan program akan memulai proses penghapusan.
6. Selesai. Mudah kan?!
Menghapus folder ini bisa menghemat banyak ruang memori hard disk. Bisa dilihat di gambar di atas, folder windows.old memakan ruang sebanyak 9Gb!
Selain untuk tujuan di atas, program ini juga bisa digunakan untuk menghapus file-file sistem tidak berguna yg berada di drive manapun, seperti cache, temporary files, dll.

Demikian ulasan tentang cara menghapus folder Windows.old dengan program Disk Cleanup.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar